Posted by : Desertkona Tuesday, September 10, 2013



            Pada waktu SD, SMP, atau SMA kita dijejal dengan berbagai peraturan-peraturan yang diciptakan oleh guru-guru pengajar di sekolah tersebut. Peraturan-peraturan tersebut bersifat satu arah, jadi siswa tidak bisa menolak, melanggar, bahkan merubah peraturan tersebut. Dunia mahasiswa peraturan-peraturan yang dibuat oleh universitas atau institut juga ada, tapi lebih fleksibel atau juga bisa dibilang bisa dirubah atau di lengkungkan.
            SD, SMP, SMA terdapat peraturan non-tulis yang disebut etika kesopanan. Pakaian rapi, memakai seragam dan mencium atau menyapa guru adalah peraturan yang pasti ditaati semua siswa, walaupun tidak tertulis, kebiasaan itulah yang membuat siswa dan mahasiswa sangat berbeda. Mahasiswa tidak ada yang namanya seragam. Mahasiswa hanya diwajibkan memakai pakaian bebas yang masih sopan dan mematuhi peraturan kampus. Dosen-dosen atau karyawan yang lewat di depan mahasiswa biasanya atau lebih sering tidak disapa, atau minimal ditegur.
            Kebiasaan baik SD,SMP, atau SMA mulai terkikis dan mulai hilang karena masuk masa perkuliahan. Kebiasaan ini myang menurut saya aka sangat berbahaya. 12 tahun lamanya kita sudah di didik tentang disiplin, tapi semua itu akan hilang secara bertahap karena adanya kebebasan yang terdapat di masa perkuliahan. Kebiasaan saat kuliah seperti bangun siang, baju dikeluarkan akan mulai mengakar di jiwa para mahasiswa, apalagi sebagai mahasiswa baru atau MABA. Kebiasaan memasukkan baju yang bisa dibilang rapi pada waktu menjadi SD, SMP, atau SMA malah tergantikan oleh trend-trend yang digemari oleh mahasiswa-mahasiswa yang lain.
            Bisa disebut kejadian ini adalah seperti burung lepas dari sangkarnya. Siswa SMA yang baru pertama kali merasakan kehidupan perkuliahan, akan merasakan mengalami rasa kebebasan yang sangat luas. Kebebasan yang sangat luas itu bisa berbahaya bagi siswa yang baru menjadi mahasiswa (MABA), mereka akan menerima masukan-masukan dari senior teman barunya yang belum tentu itu semua baik.
            Nasihat saya adalah terima kebebasan itu dengan sebaik mungkin. Kita memang harus berubah dari siswa menjadi mahasiswa, tapi tidak semua kebiasaan kita saat masih siswa harus dihilangkan. Masih banyak kebiasaan siswa yang jauh lebih baik daripada kebiasaan mahasiswa. Begitu juga sebaliknya, kebiasaan siswa yang jelek atau buruk segera tinggalkan dan menjadi mahasiswa yang baik dan benar.
( Materi kuliah Keterampilan Interpersonal ) 

{ 3 comments... read them below or Comment }

  1. setiap pesan yang kita terima harus kita saring dengan benar, dan dengan idealisme yang kita punya

    ReplyDelete
  2. OK ane setuju gan ==d

    ReplyDelete

Total Pageviews

ITS Surabaya

Sistem Informasi

Interpersonale

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © My Site -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -