Posted by : Desertkona Tuesday, September 17, 2013



           



            “CITA-CITA ATAU ANGAN-ANGAN?” itulah hal yang sering kita tanyakan pada diri kita sendiri. Kita memang tau bahwa itu adalah dua kata yang berbeda tulisan dan kita pasti tau 2 kata tersebut berbeda makna, tapi apa yang berbeda dari 2 kata tersebut, selain dari tulisannya tentunya.
            Dilihat dari sudut pandang orang awam 2 kata tersebut memiliki arti yang hampir sama yaitu hal yang kita inginkan nanti di masa depan. Namun itu merupakan kesalahan kaprah atau kesalahan umum. Cita-cita dan angan-angan adalah 2 kata yang mirip tapi dalam perbedaanya.
            Angan-angan adalah mimpi yang sering kita bicarakan waktu kita dalam masa kanak-kanak. Apa maksudnya? Maksudnya angan-angan adalah mimpi yang masih samar untuk kedepannya. Angan-angan itu hanya memiliki pengetahuan yang minim tentang apa yang dimpikannya. Contohnya kita waktu kecil mau jadi dokter karena kita ingin menyembuhkan orang. Itu memang benar tapi dokter tidak sesimpel itu untuk dijelaskaa dengan kata-kata. Angan-angan juga diibaratkan sebagai tujuan yang tidak tau jalan, seperti kita mau ke Surabaya tapi kita tidak tau mau ke arah mana. Kita tidak tau apa yang harus kita lakukan untuk mencapai mimpi kita. Mimpi tanpa alasan sering juga disebut angan-angan. Kita ingin jadi A misalnya tapi kita sendiri tidak tau mengapa kita ingin A.
            Cita-cita adalah mimpi yang jelas arah tujuannya. Saat kita bisa menyebutkan alasan kita mengapa memilih A dengan tegas maka A sudah bisa disebut cita-cita dalam tanda kutip. Masksudnya cita-cita itu tidak hanya butuh alasan tapi pengetahuan dan kemauan. Pengetahuan yang semakin luas membuat kita jadi lebih mengetahui tentang impian kita, tidak hanya 1 sudut pandang saja. Kita yang semula tidak tau mau berbuat apa jadi bisa memiliki target aktivitas. Kemauan adalah inti dari cita-cita kita dengan adanya kemauan untuk menghadapi rintangan kita bisa mewujudkan cita-cita. Lalu jika kita sudah dewasa kita pasti dapat cita-cita? BELUM TENTU karena saat ini banyak kejadian orang sudah dewasa masih saja tebuai dalam angan-angan.
            LALU SEKARANG APA IMPIANMU? CITA-CITA ATAU ANGAN-ANGAN?
( Materi kuliah Keterampilan Interpersonal )           

{ 4 comments... read them below or Comment }

  1. Waktu kecil mudah sekali bilang cita"nya apa, tp sekarang susah merealisasikannya hahaha

    Kunjungi www.bintangsey.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. jangan menyerah untuk mewujudkan cita-citamu,ok mas bro

    ReplyDelete
  3. bagus artikelnya,terus semangat bikin artikel yang lebih bagus lagi,
    bagaimana tips agar tidak terlalu kecewa bila kita mencita citakan suatu hal dengan persiapan yang matang,tujuan nya jelas namun hasilnya melenceng.

    ReplyDelete
  4. Cita citaku jadi dokter

    ReplyDelete

Total Pageviews

ITS Surabaya

Sistem Informasi

Interpersonale

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © My Site -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -